Tasya Farasya: “Belanja Online itu Hiburan buat Ibu”
tasya_farasya_belanja_online

Tasya Farasya: “Belanja Online itu Hiburan buat Ibu”

Ibu-ibu sering “kalap” belanja untuk buah hati saat hamil. Ternyata, hal ini juga dialami oleh YouTuber dan influencer Tasya Farasya. Saat mengandung anak pertamanya, Ayang, segala macam barang dibelinya. “Aku merasa semua harus punya. Sampai bantal anti peyang pun dibeli,” ujar Tasya.

Hamil anak kedua, lulusan FKG Universitas Trisakti ini sudah bisa menahan diri. “Karena banyak barang-barang Ayang yang masih bisa dipakai,” ucap Tasya Farasya, ketika dijumpai di pameran produk ibu dan anak Mums Festival dari Teman Bumil, Sabtu (29/7/2023).

Saat membeli produk untuk si Kecil Tasya tak asal belanja. Sebelumnya, Tasya berusaha riset dan mencari tahu dulu soal barang dan produk yang ingin dibelinya. “Aku cari tahu, bahan pakaian apa yang baik untuk bayi. Aku juga cari tahu apa itu BPA-free, dan lain-lain. Apalagi aku masih clueless, jadi riset sendiri, sampai baca product knowledge juga,” ujarnya.

Tasya Farasya membeli semua kebutuhan bayi secara online. Menurut ibu dua anak ini, berbelanja kebutuhan ibu dan anak bisa secara daring adalah hiburan bagi ibu hamil dan pasca melahirkan, yang harus lebih banyak di rumah. "Belanja online adalah hiburan, apalagi untuk ibu-ibu yang habis melahirkan. Senang banget saat paketnya datang," ujarnya.

Hal ini diamini oleh Chief Strategy Officer Teman Bumil, Ruth Retno Dewi. Ia menguraikan, berbelanja online kebutuhan ibu dan anak sudah menjadi gaya hidup para ibu di kota besar. Selain itu, ibu hamil juga sangat concern dengan produk-produk bayi yang dijual di market place. “Misalnya produk apa yang aman; apakah sudah teruji secara dermatologis; apakah ada efek sampingnya,” tuturnya, dalam kesempatan yang sama.

Melihat kebutuhan ini, Teman Bumil meluncurkan fitur Belanja Produk di dalam aplikasi tersebut. “Meskipun saat ini sudah banyak marketplace besar di Indonesia, pasar untuk fitur Belanja di Teman Bumil masih sangat terbuka. Kita punya lebih dari 4 juta pengguna di aplikasi Teman Bumil dari kelompok milenial bahkan gen Z yang memiliki kebiasaan berbelanja secara online,” papar Ruth.

Menariknya, fitur belanja di Teman Bumil tak hanya menyediakan berbagai produk kebutuhan ibu dan bayi, melainkan juga beragam layanan untuk ibu maupun bayi. “Kami juga memberikan paket-paket layanan yang berguna untuk ibu hamil dan ibu muda," jelas Ruth. Beberapa layanan yang disediakan mulai dari paket USG 2D sampai 4D, paket persalinan, paket konsultasi dokter, hingga layanan tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Teman Bumil mengenai preferensi belanja ibu, hasilnya cukup menarik. Selain paket USG dan persalinan, layanan yang paling banyak dipilih oleh para Mums adalah pijat bayi dan spa (18,51%), diikuti vaksin (17.85%), dan foto newborn (16,25%).

Teman Bumil juga menyediakan layanan kelas-kelas dan workshop online yang ternyata juga diminati oleh para Mums. Misalnya, 68,16% Mums tertarik untuk dibuat sesi prenatal yoga online secara rutin. “Jadi, fitur Belanja Teman Bumil ini adalah marketplace yang paling mengerti ibu Indonesia,” pungkas Ruth. (nid)